Berita Bola Update Starting XI Legendaris ala Cruyff, Tanpa Ronaldo dan Messi

Otobiografi ‘Johan Cruyff : My Turn’ Diluncurkan

Sosok penyerang legendaris Belanda, Johan Cruyff, ternyata tidak hanya produktif di lapangan hijau. Baru-baru ini, mantan pemain Barcelona tersebut mengeluarkan buku otobiografi nya yang berjudul ‘Johan Cruyff: My Turn’.

Selain berisi tentang kehidupannya di dalam dan luar  lapangan semasa dirinya masih menjalani karir profesionalnya sebagai pesepakbola di  Eropa, buku tersebut ternyata juga berisi tentang starting XI terbaik menurut Cruyff.

starting-xi-legendaris-ala-cruyff-tanpa-ronaldo-dan-messi-2

Namun, ada hal menarik dari susunan pemain pilihan Johan Cruyff dengan formasi 3-4-3 tersebut. Dari total 11 pemain pilihan nya tersebut, nama dua pemain yang mencuri perhatian sepakbola dunia sejk satu dekade lalu, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, ternyata tidak termasuk dalam starting XI pilihan Cruyff.

Hal tersebut terungkap dalam buku otobiografi Cruyff yang berujudul Johan Cruyff: My Turn. Dalam buku yang baru diluncurkan di Kota London pada 6 Oktober 2016, Cruyff memilih formasi 3-4-3 dalam susunan pemain terbaik miliknya.

Berita Bola Terlengkap Best Starting XI ala Johan Cruyff

starting-xi-legendaris-ala-cruyff-tanpa-ronaldo-dan-messi-1

Setelah mengamati nama-nama yang menjadi pilihan Cruyff dalam merancang ‘Dream Team’ nya tersebut, bisa terlihat bahwa mantan pelatih Ajax Amsterdam tersebut sepertinya hanya memilih pemain yang bermain sebelum berita bola memasuki masa milenium.

Untuk posisi Penjaga Gawang, Cruyff memilih sosok kiper legendaris asal Uni Soviet (sekarang Rusia), Lev Yashin, untuk mengisi pos di bawah mistar gawang. Diikuti dengan trio bek tengah sejajar khas formasi 3-4-3 yang ditempati Ruud Krol, Franz Beckenbauer, serta Carlos Alberto.

Sementara itu, sektor lapangan tengah terlihat lebih variatif. Nama bintang lapangan tengah dari berbagai generasi seperti legenda Real Madrid, Alfredo di Stefano, gelandang legendaris Manchester United, Bobby Charlton, sayap asal Brasil, Garrincha, dan mantan gelandang ang juga  merupakan mantan pelatih Barcelona, Joseph (Pep) Guardiola.

Dan yang ditunggu-tunggu, untuk ujung tombak ‘Dream Team’ nya Johan Cruyff memasukan nama-nama bomber terbaik abad ke-20. Piet Keizer yang merupakan striker legendaris Ajax Amsterdam dan juga timnas Belanda tahun 1960-1970, dipapadukan dua nama legenda sepakbola sepanjang masa asal Brasil, Pele dan Argentina, Diego Maradona.

starting-xi-legendaris-ala-cruyff-tanpa-ronaldo-dan-messi-3

Sewaktu aktif sebagai pemain dan juga pelatih, Johan Cruyff terbukti memiliki prestasi yang sangat cemerlang. Terbukti dengan 22 trofi juara denga klub yang dihasilkan dari total 22 tahun karirnya sebagai pesepak bola profesional.

Ironisnya, Johan Cruyff tidak sempat mempersembahkan satu trofi pun untuk timnas Belanda hingga akhirnya Cruyff memutuskan untuk pensiun sebagai profesional. Hanya runner up World Cup ’74 dan peringkat tiga Piala Eropa ’76 lah prestasi terbaik Cruyff bersama Tim Oranje.

Memutuskan berkarier sebagai pelatih, Cruyff pun sukses meraih prestasi bersama Ajax Amsterdam dari musim 1985-1986 hingga 1995-1996, dengan tiga titel berhasil dipersembahkan Cruyff untuk klub asal ibukota Belanda tersebut. Melatih Barcelona, Cruyff juga berhasil mempersembahkan 11 trofi bagi klub asal Catalan tersebut.

Nama Johan Cruyff juga tak bisa dipisahkan dari kata ‘Total Football’. Taktik sepakbola modern dengan formasi 4-3-3 serta gaya bermain total football ala Cruyff, banyak diaplikasi oleh pelatih sepak bola di seluruh dunia hingga saat ini. Bahkan penerusnya di Barcelona, Pep Guardiola, berhasil mengembangkan gaya total football ala Cruyff menjadi gaya bermain tiki-taka khas Blaugrana.

Sayang, Johan Cruyff tidak bisa melihat buku  otobiografinya tersebut diluncurkan. Cruyff menghembuskan nafas terakhirnya 24 Maret 2016 lalu dalam usia 68 tahun, menyerah usai berjuang melawan penyakit kanker yang menggerogotinya.

Berikut adalah Best Starting XI menurut  Johan Cruyff:

Formasi : 3-4-3

  • GK: Lev Yashin
  • DF: Ruud Krol, Franz Beckenbauer, Carlos Alberto
  • MF: Alfredo di Stefano, Pep Guardiola, Bobby Charlton, Garrincha
  • FW: Piet Keizer, Pele, Diego Maradona

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *