Busquets Titik Lemah Barcelona?

Legenda Barca Kritik Busquets

Sejak musim kompetisi 2016-2017 La Liga dimulai, Barcelona kerap menelan kekalahan dalam laga melawan klub yang di atas kertas bisa dibilang berada dalam level yang jauh di bawah Blaugrana.

Beberapa berita tentang pengakuan juga permintaan maaf para pemain hingga pelatih Barcelona kepada publik usai kekalahan tersebut pun telah beredar. Mulai dari permintaan maaf Ter Stegen hingga pembelaan Luis Enrique kepada para punggawa Tim Catalan.

Yang mengejutkan, setelah konferensi pers para pemain juga pelatih mulai tenggelam. Kali ini datang giliran dari legenda Barcelona, Pichi Alonso, yang angkat bicara soal penyebab kekalahan mengejutkan Barca.

busquets-titik-lemah-barcelona-1

Pichi Alonso berpendapat bahwa sosok gelandang bertahan Barca, Sergio Busquets lah yang menjadi sumber kelemahan Blaugrana. Alonso berpendapat performa pemain asal Spanyol tersebut terlihat merosot sejak Pep Guardiola memutuskan untuk tidak lagi melatih Barcelona.

Dalam rekaman pertandingan menghadapi Borussia Monchengladbach  di ajang Liga Champions (29/9/2016), Busquets terlihat kerap membuat kesalahan yang pada akhirnya berakibat gol bagi tim lawan.

Mahmoud Dafoud  berhasil mencuri bola yang berada dalam penguasaan Busquets, yang kemudian dikirimkan kepada Thorgan Hazard untuk dikonversi menjadi sebuah gol. Beruntung, dewi fortuna masih berpihak kepada Barca yang akhirnya menang dengan skor tipis 2-1.

Busquets : Kami Bukan Robot!

Dalam laga tandang ke markas Celta Vigo dimana Barca menyerah dengan skor 3-4 pada Minggu (2/10/2016) yang lalu, Busquets lagi-lagi terlihat membuat kesalahan.

Busquets salah dalam membaca operan jauh Marc-Andre ter Stegen, yang kemudian dimanfaatkan Sisto menjadi gol saat laga berjalan 22 menit. Kesalahan Busquets kembali terulang yang melahirkan gol ketiga bagi tuan rumah di menit ke-33.

“Busquets memiliki kondisi fisik yang tidak baik, dan hal tersebut akhirnya menjadi titik lemah tim di laga tandang melawan Vigo kemarin,” ungkap Pichi.

“Permainan dia (Busquets) tidak lagi seperti dulu sewaktu Barca ditangani Pep Guardiola. Kepergian Pep sepertinya berpengaruh amat besar bagi permainan Busquets,” Pichi menambahkan.

busquets-titik-lemah-barcelona-2

Busquet juga sempat angkat bicara soal kekalahan Barcelona atas Celta Vigo yang juga merupakan kesalahannya.

“Tentu saaja saya termasuk dalam salah satu yang bertanggung jawab atas kekalahan tim kemarin. Permainan saya tidak begitu maksimal. Saya membuat satu kesalahan yang akhirnya berakibat fatal bagi tim.”

“Terkadang, kontrol yang buruk membuat kami kehilangan bola dalam suatu laga. Kami bukanlah robot, kami juga kadang membuat kesalahan. Saat ini kami hanya harus berusaha lagi untuk kembali memenangkan pertandingan,” Busquets menambahkan.

Sergio Busquets telah mencatat 394 caps dan 12 gol bersama Barcelona dengan persembahan 24 gelar prestisius bagi Tim asal Catalan tersebut.

Busquets sendiri mendapat kesempatan bergabung ke skuad utama Barcelona pada tahun 2007 melalui rekomendasi sang mantan pelatih, Pep Guardiola. Dengan menghadapi Racing Santander sebagai laga perdananya di ajang La Liga pada 13 September 2008.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *