Ketergantungan Publik Olimpico Terhadap Totti

080639200_1473611437-602406330

Roma Masih Butuh Kehadiran Totti

AS Roma berhasil meraih kemenangan dramatis atas Sampdoria, 3-2, dalam lanjutan kompetisi Serie A di Stadion Olimpico, Roma, Minggu (11/9/2016) lalu.

Tuan rumah Roma memang berhasil mengawali laga dengan cukup baik. Terbukti aksi sundulan Mohamed Salah meneruskan umpan Diego Perotti sukses membobol gawang tim tamu pada menit ke-8.

Sayangnya, keunggulan Il Lupi tak mampu bertahan lama. Vasco Regini sukses mengirim umpan jauh untuk kemudian dikonversi menjadi  gol melalui aksi voli Luis Muriel pada menit 18 untuk kemudian menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Malang bagi tuan rumah, tim tamu justru berbalik unggul saat babak pertama tersisa empat menit melalui gol Fabio Quagliarella. Mantan bomber Juventus tersebut sukses meneruskan sepak pojok Ricky Alvarez untuk membawa Sampdoria berbalik unggul 2-1 pada babak pertama.

Cuaca ekstrim yang melanda kota Roma memaksa laga untuk ditunda. Hujan yang turun begitu lebat menyebabkan air menggenangi lapangan Stadion Olimpico. Usai penundaan selama lebih dari sejam, wasit Marco Giampaolo akhirnya memutuskan untuk kembali melanjutkan pertandingan.

Memasukan sang Pangeran Roma, Fransesco Totti pada paruh kedua, tampaknya membuat dewi fortuna kembali berpihak pada tuan rumah. Edin Dzeko berhasil menyarangkan gol penyeimbang saat babak kedua baru berjalan 16 menit.

Pelanggaran Milan Skriniar terhadap Edin Dzeko pada masa injury time seakan menjadi mukjizat bagi klub asal ibukota Roma tersebut. Francesco Totti yang tidak ingin menyia-nyiakan peluang tersebut akhirnya sukses membuat Roma unggul dan mengunci kemenangan 3-2 bagi AS Roma atas Sampdoria.

Sosok Totti Tak Tergantikan di Olimpico

Kemenangan tersebut pun berhasil membawa AS Roma naik ke urutan kedua dengan koleksi 7 poin dari total tiga pertandingan,  dua poin di belakang Juventus yang saat ini menjadi pemimpin klasemen sementara Serie A.

Menanggapi kemenangan dramatis Serigala Ibukota, gelandang Roma berdarah Indonesia, Radja Nainggolan, angkat bicara mengenai peranan sang legenda Roma, Sang Pangeran, Fransesco Totti di kubu AS Roma.

Kenyataan bahwa ini adalah musim terakhir Totti bersama AS Roma, memaksa tim untuk mencari sosok pengganti Sang Pangeran di skuad Roma. Dan hal tersebut bukan merupakan tugas mudah bagi sang allenatore, Luciano Spalletti.

Nainggolan mengungkapkan bahwa Totti merupakan sosok yang tak tergantikan bagi publik Olimpico. Meskipun Nainggolan merasa bahwa para pendukung Roma seharusnya tetap mendukung tim secara total meski tanpa kehadiran Totti.

“Totti adalah semacam pemimpin disini,” Nainggolan berpendapat. “Sangat terlihat bahwa permainan berjalan sangat berbeda pada babak kedua. Masuknya Totti benar-benar mengundang  antusiasme yang sama sekali berbeda dari para pendukung.

“Saya sempat berpikir mengapa kami bermain kurang maksimal pada babak pertama, kami tertinggal 2-1 dari tim tamu, anda bisa dengar cemooh dan ejekan dari para penonton di stadion.

“Situasi tersebut sangat sulit membuat kami untuk tetap tenang, yakin dan mengembangkan permainan. Namun, saat Totti masuk kami merasa seperti ada sebuah dorongan dalam tim baik itu dari Totti sendiri juga dari para suporter.”

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *